Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh

Muhammmad Chaidir, 190404031 (2024) Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh] Text (Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)
Muhammad Chaidir, 190404031, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengelolaan wakaf produktif dan sejauh mana penerapannya sesuai dengan metode pengelolaan yang di gunakan yaitu perencanaan, perorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Wakaf produktifakan menjadi sumber dana abadi dan terus berkembang apabila dikelola secara produktif, sehingga hasilnya bisa dinikmati dan digunakan untuk kepentingan umat. Ini pula lah yang menjadi harapan daripada hadirnya wakaf produktif di gampong lambaro skep sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong melalui pengelolaan yang sistematis dan terukur. Sayangnya pengelolaan wakaf produktif yang ada di gampong lambaro skep belum terlihat dalam meningkatkan kesejehateraan masyarakat di gampong tersebut. Hal ini lah yang menjadi fokus penelitian untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan wakaf produktif Rumah Sewa di gampong Lambaro Skep serta bagaimana pemanfataan wakaf produktif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat gampong Lambaro Skep. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan wakaf produktif rumah sewa dilakukan dengan sistem penyewaan yang hasilnya di bagikan kepada masyarakat fakir miskin yang ada di gampong lambaro skep dalam waktu setahun sekali. Dari segi pemanfaatan wakaf, masih diperuntukkan untuk kepentingan yang bersifat konsumtif sehingga belum mampu sepenuhnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu adanya kesadaran dan kerjasama antara masyarakat dan aparatur gampong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wakaf produktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammmad Chaidir
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:50
Last Modified: 12 Jan 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34755

Actions (login required)

View Item
View Item