Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis eXe-Learning pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Idi Tunong

Safira Kamisna, 190207003 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis eXe-Learning pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Idi Tunong. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan,  E-Modul  Berbasis  eXe-Learning,  Sistem  Gerak  Manusia] Text (Pengembangan, E-Modul Berbasis eXe-Learning, Sistem Gerak Manusia)
Safira Kamisna, 190207003, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kondisi sarana dan prasarana yang belum sesuai standar, seperti ketersediaan LCD Proyektor dan alat peraga torso mengakibatkan proses pembelajaran menggunakan buku paket Biologi. Jumlah buku paket yang tidak memadai menyebabkan peserta didik tidak memiliki bahan belajar mandiri, sehingga diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran tambahan yang dapat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis hasil uji kelayakan media pembelajaran E-Modul berbasis eXe-Learning, 2) menganalisis respon peserta didik terhadap media pembelajaran E-Modul berbasis eXe-Learning. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development yang mengadaptasi model pengembangan dari Alessi dan Trollip, yang terdiri atas tahapan perencanaan, perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media E-Modul memperoleh persentase sebesar 93,6% dengan kriteria sangat layak yang diperoleh dari kelayakan materi sebesar 92% dan kelayakan media sebesar 95%. Respon peserta didik terhadap penggunaan E-Modul memperoleh hasil persentase sebesar 91,7% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dan respon peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis eXe-Learning pada materi sistem gerak manusia sangat layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk peserta didik di SMA Negeri 1 Idi Tunong.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Safira Kamisna Fira
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:51
Last Modified: 12 Jan 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34758

Actions (login required)

View Item
View Item