Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkat kan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VIII di SMP 1 Dabun Gelang Gayo Lues

Riska Mauliza, 190201070 (2023) Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkat kan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VIII di SMP 1 Dabun Gelang Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkat kan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VIII di SMP 1 Dabun Gelang Gayo Lues] Text (Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkat kan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VIII di SMP 1 Dabun Gelang Gayo Lues)
Skripsi Riska Mauliza - Copy- revisi1 - Copy-11 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun, hasil belajar PAI siswa di sekolah masih belum optimal dikarenakan hasil belajar siswa masih berada di bawah nilai KKM, sehingga diperlukan suatu model yang dapat membantu siswa terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep yaitu model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran PAI peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes yang diberikan kepada peserta didik setelah pembelajaran (post test) dan dokumentasi. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif (persentase) dan nilai rata-rata (mean). Penelitian ini dilakukan dari tanggal 11 sampai 20 September 2023. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil siklus I dan II yaitu: aktivitas guru/peneliti pada siklus I dengan persentase 84,52% (baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan 95,23% (sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I dengan persentase 75% (baik) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase 89,28% (sangat baik). Hasil post test pada siklus I peserta didik yang mencapai KKM berjumlah 11 peserta didik atau 44% dengan nilai rata-rata 74, kemudian pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM meningkatan menjadi 23 peserta didik atau 92% dengan nilai rata-rata 86,8. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Mauliza Riska
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:41
Last Modified: 12 Jan 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34759

Actions (login required)

View Item
View Item