Implementasi Layanan Konseling Individu Berbasis Terapi Membaca Al-Quran Dalam Mengurangi Depresi Di Kalangan Pelajar Pada Sekolah Menengah Islam Darul Ehsan Subang Jaya Malaysia

Zatil Hanani Binti Mohamad Yusof, 190402108 (2024) Implementasi Layanan Konseling Individu Berbasis Terapi Membaca Al-Quran Dalam Mengurangi Depresi Di Kalangan Pelajar Pada Sekolah Menengah Islam Darul Ehsan Subang Jaya Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Layanan Konseling Individu Berbasis Terapi Membaca Al-Quran Dalam Mengurangi Depresi Di Kalangan Pelajar Pada Sekolah Menengah Islam Darul Ehsan Subang Jaya Malaysia] Text (Implementasi Layanan Konseling Individu Berbasis Terapi Membaca Al-Quran Dalam Mengurangi Depresi Di Kalangan Pelajar Pada Sekolah Menengah Islam Darul Ehsan Subang Jaya Malaysia)
Zatil Hanani Binti Mohamad Yusof, 190402108, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pelajar pada usia remaja di sekolah sering mengalami tekanan emosi yang berlebihan yang mengakibatkan pelajar tidak mampu mengendalikan tekanan emosi dengan baik. Tekanan emosi yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan depresi pada pelajar di sekolah. Depresi bukan sekadar stress ataupun sedih sebagaimana hal yang datang dan pergi begitu saja, namun ianya mempengaruhi prilaku, emosi dan cara berpikir pelajar. Layanan konseling individu berbasis terapi membaca Al-Qur’an adalah upaya dari pihak Sekolah Menengah Darul Ehsan dalam mengurangi depresi pada pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk depresi pada pelajar serta bagaimana pelaksanaan dan hasil dari layanan konseling individu berbasis terapi membaca Al-Qur’an kepada pelajar depresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis dengan menggambarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan di lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah informan. Jumlah informan sebanyak tujuh orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan conclusion drawing. Bentuk depresi yang peneliti temukan pada pelajar depresi adalah kesedihan yang mendalam, perasaan tidak berharga dan menurunnya kepercayaan diri. Pelaksanaan terapi ini diberikan oleh guru konseling kepada siswa dengan mengarahkan pelajar membaca, memahami dan mendalami ayat dan surah dari Al-Qur’an yaitu surah al-fatihah, surah an-nas, surah al-ikhlas, surah al-falaq, ayatul kursi, surah al-baqarah ayat 225 dan doa dari surah al-anbiya’ ayat 187 “laailahailla anta subhanaka inni kuntu minazzalimin”. Kisah nabi yusuf dan yunus yang mempunyai unsur-unsur kesedihan dan hilang harapan seperti yang dialami oleh pelajar depresi. Melalui layanan konseling individu berbasis terapi membaca Al-Qur’an memberikan kesan dan pengaruh pada jiwa dan kehidupan pelajar depresi. Kesedihan yang sudah lama bertumpuk di jiwa pelajar semakin mengurang dan pelajar menjadikan Al-Qur’an sebagai kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan. Pelajar mulai optimis dengan dirinya sehingga perlahan-lahan mulai ada perubahan tingkah laku seperti kembali ceria dan aktif serta menimbulkan keyakinan diri serta kepercayaan diri seperti pelajar-pelajar yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Terapi Membaca Al-Quran, Depresi, Pelajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zatil Hanani Binti Mohamad Yusof
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:52
Last Modified: 12 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34760

Actions (login required)

View Item
View Item