Terapi Zikir Dan Do’a Dalam Membantu Menenangkan Jiwa Pada Korban Pengguna Narkoba (Studi Pada Pusat Rehabilitasi Darul Barokah Marang,Terengganu Malaysia)

Sofiah Mursyidah Binti Ismail, 190402107 (2024) Terapi Zikir Dan Do’a Dalam Membantu Menenangkan Jiwa Pada Korban Pengguna Narkoba (Studi Pada Pusat Rehabilitasi Darul Barokah Marang,Terengganu Malaysia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Terapi Zikir Dan Do’a Dalam Membantu Menenangkan Jiwa Pada Korban Pengguna Narkoba (Studi Pada Pusat Rehabilitasi Darul Barokah Marang,Terengganu Malaysia)] Text (Terapi Zikir Dan Do’a Dalam Membantu Menenangkan Jiwa Pada Korban Pengguna Narkoba (Studi Pada Pusat Rehabilitasi Darul Barokah Marang,Terengganu Malaysia))
Sofiah Mursyidah Binti Ismail, 190402107, FDK, BKI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba saat ini telah menyebar luas di kalangan masyarakat, bukan hanya di perkotaan bahkan sudah ada juga di pendesaan. Penyalahgunaan ini terjadi di kalangan pelajar, remaja, mahasiswa, pemuda bahkan tidak sedikit orang dewasa yang mengunakannya. Proses kegiatan di Pusat Rehabilitasi Darul Barokah mulai dengan proses kegiatan psikologis untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pengguna narkoba. Dalam keadaan seperti inilah sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi ketenangan jiwa bagi pengguna narkoba. Maka perlu dilakukan pendekatan-pendekatan terapi yang akan membuat mereka bisa menjadi lebih baik. Adapun terapi-terapi yang bisa dilakukan itu ia berbagai macam terapi maka kalau ingin melihat kepercayaan diri pecandu narkoba itu salah satunya dengan terapi zikir dan do’a bagi meningkatkan ketenangan jiwa pecandu narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pelaksanaan terapi zikir dan do’a kepada pecandu narkoba bagi meningkatkan ketenangan jiwa dan bagaimana hasil dari terapi zikir dan do’a untuk pecandu narkoba dalam ketenangan jiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak tujuh orang informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, data display, dan conclusion drawing/verification. Pelaksanaan terapi zikir dan do’a kepada pecandu narkoba adalah melaluai zikir Sayyidul Istigfar, Istigfar, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, Ya, Allah, Hasbi Rabbi Jallallah, Laisalaha Mindunillail Kasyifah, Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin, Astagfirullaha Innallaha Kanatawwaba, Lailahailallah Muhammad Rasulullah, Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikma Nasir. Doa yang terbaik untuk manusia yang mau berubah ini adalah doa agar diberi ketenangan, doa penenang hati, doa untuk berubah diri dan doa diberi kekuatan untuk diri pecandu narkoba dalam melakukan perubahan. Hasil dari terapi zikir dan do’a yang diterangkan di atas bagi meningkatkan ketenangan jiwa pecandu narkoba mendapatkan hasil yang berkesan dan memiliki dampak yang positif bagi ketenangan jiwa pecandu narkoba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sofiah Mursyidah Binti Ismail
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:52
Last Modified: 12 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item
View Item