Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia

Intan Raihan, 190207032 (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Make a Match, Couple card dan Motivasi Belajar] Text (Model Make a Match, Couple card dan Motivasi Belajar)
Intan Raihan, 190207032, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan saat proses pembelajaran dikelas VIII/F MTsS Darul Ihsan, sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Siswa menjadi kurang aktif dan jenuh selama pembelajaran berlangsung. Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan media couple card menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang berlangsung dua siklus. Penelitian dilaksanakan di MTsS Darul Ihsan pada bulan Juli 2023. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VIII/F yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian yaitu, aktivitas guru, motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan motivasi belajar. Lembar angket respon siswa untuk melihat motivasi belajar dan lembar tes untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data motivasi belajar dan aktivitas guru dengan menggunakan rumus persentase dan hasil belajar dengan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I 88,75% kriteria sangat baik dan meningkat 96,25% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Motivasi belajar siswa pada siklus I 78% kriteria baik dan meningkat pada siklus II 96% kriteria sangat baik. Angket respon siswa terhadap motivasi belajar didapatkan 77,08% kriteria baik. Hasil belajar siklus I mendapatkan 0,63 dengan kriteria sedang dan mengalami peningkatan 0,64 pada siklus II dengan kriteria sedang. Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan media couple card dapat meningkatkan motivasi belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Raihan Intan
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:52
Last Modified: 12 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34762

Actions (login required)

View Item
View Item