Penggunaan Media Podcast Madu LCTV Sebagai Strategi Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MA Darul Ulum Banda Aceh

Anggi Pratiwi, 190503001 (2024) Penggunaan Media Podcast Madu LCTV Sebagai Strategi Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MA Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Penggunaan Media Podcast Madu LCTV Sebagai Strategi Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MA Darul Ulum Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Podcast Madu LCTV Sebagai Strategi Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MA Darul Ulum Banda Aceh)
Anggi Pratiwi, 190503001, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh dengan judul “Penggunaan Media Podcast Madu LCTV Sebagai Strategi Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah di MA Darul Ulum Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media podcast Madu LCTV sebagai bentuk strategi pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MA Darul Ulum Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media podcast Madu LCTV sebagai bentuk strategi pengembangan Gerakan Literasi Sekolah di MA Darul Ulum Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan observasi kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media podcast Madu LCTV sebagai bentuk strategi pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MA Darul Ulum Banda Aceh dapat mengembangkan kemampuan literasi peserta didik berupa kemampuan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Namun konten podcast Madu LCTV belum sepenuhnya menyediakan konten yang sesuai dengan unsur-unsur yang ada pada tahapan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Hal ini didasarkan pada penyediaan konten media podcast Madu LCTV yang belum sepenuhnya sesuai dengan tahapan kegiatan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran pada program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sebagai berikut: 1) Pada tahap pembiasaan, media podcast Madu LCTV belum seluruhnya menyediakan konten yang sesuai dengan prinsip pada tahap pembiasaan yaitu menyenangkan, rutin dan berimbang. 2) Pada tahap pengembangan, media podcast Madu LCTV belum seluruhnya menyediakan konten terkait dengan kegiatan literasi yang ada pada buku panduan GLS yaitu kegiatan literasi di luar sekolah dan festival literasi. 3) Pada tahap pembelajaran, media podcast Madu LCTV belum digunakan sebagai alat bantu untuk pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Saran yang dapat diberikan adalah dengan menambahkan dan menyediakan konten-konten yang berisikan kegiatan literasi, agar literasi peserta didik dapat meningkat dan menambah secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Anggi Pratiwi
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:56
Last Modified: 12 Jan 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34764

Actions (login required)

View Item
View Item