Implementasi Penyaluran Zakat Untuk Program Beasiswa Pendidikan Oleh Baitul Mal Kota Simeulue

Puan Maharani, 190602058 (2023) Implementasi Penyaluran Zakat Untuk Program Beasiswa Pendidikan Oleh Baitul Mal Kota Simeulue. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi,  Penyaluran  Zakat,  Beasiswa Pendidikan] Text (Implementasi, Penyaluran Zakat, Beasiswa Pendidikan)
Puan Maharani, 190602058, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penyaluran zakat oleh Baitul Mal berupa beasiswa pendidikan kepada mustahiq sangat penting dilakukan agar dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam peningkatan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini mengetahui mekanisme penyaluran zakat untuk program beasiswa pendidikan, kendala yang dihadapi Baitul Mal dalam penyaluran zakat untuk beasiswa pendidikan dan dampak implementasi penyaluran zakat untuk program beasiswa pendidikan oleh Baitul Mal Simeulue. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme penyaluran zakat untuk program beasiswa pendidikan dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: tahap perencanaan, pengumpulan data, verifikasi dan seleksi data dan penyaluran zakat beasiswa kepada mustahik melalui rekening bank. Dengan adanya beasiswa tersebut dapat membantu melanjutkan pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu dan anak-anak muallaf mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan juga jenjang perkuliahan sehingga memotivasi mustahik untuk belajar lebih giat dan lebih semangat sehingga dapat meningkatkan prestasi yang semakin tinggi dan lulus tepat waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Puan Maharani Puan
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:58
Last Modified: 12 Jan 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34766

Actions (login required)

View Item
View Item