Strategi Pemerintah Kabupaten Dalam Mengatasi Kemiskinan Ekstrem Di Kabupaten Bener Meriah

Ainil Farhani, 190802072 (2024) Strategi Pemerintah Kabupaten Dalam Mengatasi Kemiskinan Ekstrem Di Kabupaten Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pemerintah Kabupaten Dalam Mengatasi Kemiskinan Ekstrem Di Kabupaten Bener Meriah] Text (Strategi Pemerintah Kabupaten Dalam Mengatasi Kemiskinan Ekstrem Di Kabupaten Bener Meriah)
Ainil Farhani, 190802072, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan secara umum merupakan hal yang sangat sulit diatasi, apalagi bagi negara berkembang. Kemiskinan menjadi kata yang sangat menakutkan karena semua orang pasti tidak mau menjadi miskin. Peran pemerintah sendiri dalam upaya menekan kemiskinan ekstem di Kabupaten Bener Meriah dapat dilakukan dengan menggunakan strategi yang dapat menekan angka kemiskinan didaeah. Hal ini diperkuat dengan berdasarkaan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Rumusan masalah bagaimana strategi pemerintah kabupaten Bener Meriah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem. Apa faktor pendukung dan penghambat hambatan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bener Meriah. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa pengumpulan data, observasi, wawancara. Yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kepala Desa, serta wawancara dengan pegawai Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem sudah mengimplementasikan progam-program untuk menekan angka kemiskinan. Strategi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem ditandai dengan berjalannya Program Bantuan Sosial Terpadu Berbasis Keluarga, Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil, dan Program Penanggulangan Kemiskinan Lainnya. Namun dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Bener Meriah juga terrdapat kendala yakni tingkat kesadaran masyarakat akan pendidikan dan pekembangan diri masih sangat rendah sehingga hal tersebut membuat masyarakat selalu berjalan dibawah angka kemiskinan. Faktor penghambat selanjutnya ialah keterbatasan lapangan pekerjaan yang disebabkan rrendahnya SDM masyarakat di Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa stategi penanganan kemiskinan ekstrem oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yaitu melalui beberapa program yang dirancang untuk meminimalkan dampak yang telah timbul dari kemiskinan ekstrem sehingga berdampak positif bagi masyaakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Strategi, Kemiskinan Ekstrem, Dinas sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ainil Farhani
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:04
Last Modified: 12 Jan 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item
View Item