Pemanfatan dan Realisasi Dana Sedekah Pada Muallaf Center Banda Aceh Dalam Tinjauan Hukum Islam

Ahlul Zikri, 180102122 (2023) Pemanfatan dan Realisasi Dana Sedekah Pada Muallaf Center Banda Aceh Dalam Tinjauan Hukum Islam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfatan dan Realisasi Dana Sedekah Pada Muallaf Center Banda Aceh Dalam Tinjauan Hukum Islam] Text (Pemanfatan dan Realisasi Dana Sedekah Pada Muallaf Center Banda Aceh Dalam Tinjauan Hukum Islam)
skripsi Ahlul fixxxx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Muallaf Center merupakan salah satu lembaga filantropi Islam yang bergerak di bidang pembinaan dan pemberdayaan muallaf. Salah satu programnya ialah pembimbingan muallaf untuk pendalaman tentang ajaran Islam. Sebagai lembaga filantropi maka dana yang dimanfaatkan untuk menjalan program-program lembaga sudah pasti bersumber dari dana umat atau masyarakat yang disebut sedekah. Sedekah salah satu ibadah maliyah yang sangat mudah dikerjakan tanpa ada waktu dan batasan dalam melakukanya. Pada kajian ini, penulis bertujuan meneliti permasalah yaitu bagaimana pemanfaatan dana sedekah yang dikumpulkan oleh pihak Muallaf Center Banda Aceh, bagaimana realisasi dan evaluasi dana sedekah dalam menjalankan programnya dan tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan dan penggunaan sedekah. Untuk memperoleh data yang valid dan objektif desain penelitian dengan pendekatan sosiologis normatif, jenis penelitian deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa seluruh kegiatan Muallaf Center bersumber dari dana sedekah yang dikumpulkan secara kondisional oleh pihak manajemen, pemanfaatan dana sedekah yang diperoleh Muallaf Center dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan programnya. Secara keseluruhan penggunaan dan pemanfaatan dana di Muallaf Center Banda Aceh dilakukan dengan transparan dan akuntabel, sehingga Muallaf Center berharap tingkat partisipasi publik pada Muallaf Center dapat meningkat. Dalam tinjaun hukum islam pemanfaatan dan penggunaan dana sedekah pada Muallaf Center Banda Aceh sudah sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.251 Sadaqah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahlul Zikri Ahlul
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:07
Last Modified: 12 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item
View Item