Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Pesantren Dayah Darul Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar

Izza Salsabila, 200403046 (2024) Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Pesantren Dayah Darul Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Pesantren Dayah Darul Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Pesantren Dayah Darul Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar)
Izza Salsabila, 200403046, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santriwati di Pondok Pesantren Dayah Darul Muta’allimin kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada santriwati yang melakukan pelanggaran-pelanggaran peraturan yang ditetapkan oleh pihak pondok pesantren ditandai dengan adanya santriwati yang masih tidak salat berjamaah, keluar tanpa izin, telat pergi sekolah, dan telat pergi mengaji. Kedisiplinan adalah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh metode islah mubasyir terhadap kedisiplinan santriwati, dan untuk mengetahui tingkat presentase pengaruh metode islah mubasyir terhadap kedisiplinan santriwati. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode kuantitatif, dimana metode ini lebih berdasarkan data yang dihitung untuk menghasilkan penaksiran kuantitatif yang kokoh. Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak. Pengolahan dan analisis data dengan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji normalitas residual dan uji heteroskedastisitas. Analisi data menggunakan uji korelasi, uji koefisien determenasi dan uji signifikansi (uji-t) dengan menggunakan SPSS 25 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode islah mubasyir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan snatriwati di pondok pesantren Dayah Darul Muta’allimin Kecamatan Blang bintang Kabupaten Aceh Besar. Adapun tingkat presentase hubungannya yaitu sebesar 46,4% sedangkan sisa lainnya disebabkan oleh faktor hubungan lain sebesar 53,6% yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Izza Salsabila
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:17
Last Modified: 12 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34773

Actions (login required)

View Item
View Item