Analisis Kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Penyaluran Zakat Selama Masa Pandemi Covid-19

Muhammad Kausar, 190602155 (2024) Analisis Kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Penyaluran Zakat Selama Masa Pandemi Covid-19. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Penyaluran Zakat Selama Masa Pandemi Covid-19] Text (Analisis Kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Penyaluran Zakat Selama Masa Pandemi Covid-19)
Muhammad Kausar, 190602155, FEBI, ES.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Baitul Mal Kabupaten Pidie sebagai lembagai amil zakat di Kabupaten Pidie mempunyai tugas dan fungsi untuk mengumpulkan zakat dan menyalurkannya. Selama masa pandemi covid-19 Baitul Mal Kabupaten Pidie diuji untuk mempertahankan kinerjanya dalam mengumpulkan serta menyalurkan zakat. Di dalam penelitian skripsi ini penulis mengambil dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimana kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie dalam penyaluran zakat selama pandemi covid-19. Kedua, Bagaimana tantangan dan hambatan Baitul Mal Kabupaten Pidie dalam penyaluran zakat selama pandemi covid-19. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis, serta hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara Kualitatif. Hasil penelitian terhadap kinerja Baitul Mal Kabupaten Pidie dalam penyaluran zakat selama pandemi covid-19 adalah berbading lurus dengan sebelum masa pandemi, akan tetapi dalam hal pengumpulannya mengalami penurunan jumlahnya. Penurunan ini disebabkan oleh belum optimalnya pengumpulan zakat di sektor swasta serta lambatnya perputaran ekonomi pada saat terjadi covid-19. Tantangan dan hambatan Baitul Mal Kabupaten Pidie dalam penyaluran zakat selama pandemi covid-19 adalah belum memadainya SDM yang tersedia sehingga tidak bisa menjangkau seluruh mustahik di seluruh wilyah Kabupaten Pidie, sedangkan dalam hal pengumpulan zakat, tantangan dan hambatan yang dialami oleh Baitul Mal Kabupaten Pidie adalah tidak adanya dukungan penuh dari tokoh-tokoh agama diwilayah setempat sehingga kurangnya antusias dari sektor swasta untuk menyalurkan zakat di Baitul Mal Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Penyaluran Zakat, Covid-19
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Kausar
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:17
Last Modified: 12 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34774

Actions (login required)

View Item
View Item