Peran Guru Dalam Mencegah Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini Di TK IT Cendekia Takengon

Karmila Anggraini Porang, 190209026 (2024) Peran Guru Dalam Mencegah Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini Di TK IT Cendekia Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Guru Dalam Mencegah Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini Di TK IT Cendekia Takengon] Text (Peran Guru Dalam Mencegah Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Dini Di TK IT Cendekia Takengon)
Karmila Anggraini Porang, 190209026, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di TK IT Cendekia Takengon adalah anak melakukan kekerasan verbal seperti mengejek dengan kata-kata “bodoh” atau “jelek” dan merendahkan temannya serta mengajak teman yang lain untuk tidak berteman. Tindak kekerasan tersebut akan mempengaruhi kondisi belajar di dalam kelas, kekerasan verbal akan mempengaruhi psikis pada siswa sehingga terganggunya semangat dan minat belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mencegah kekerasan verbal dan bentuk- bentuk kekerasan verbal di TK IT Cendekia Takengon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru TK B dan kepala sekolah di TK IT Cendekia Takengon. Berdasarkan hasil penelitian. Peran guru dalam mencegah kekerasan verbal yaitu melatih siswa untuk asertif, Mengawasi siswa selama disekolah setiap hari baik saat anak sedang bermain maupun saat proses pembelajaran, serta memberikan meteri pembelajaran mengenai kekerasan. bentuk-bentuk kekerasan yang terjadi di TK IT Cendekia Takengon adalah mengucilkan atau merendahkan teman dan mencela teman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kekerasan Verbal, Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Karmila Anggraini Porang
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:22
Last Modified: 12 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34775

Actions (login required)

View Item
View Item