Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Aplikasi Exe-Learning Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMP/MTs

Darma Dwi Wahyudi, 190204042 (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Aplikasi Exe-Learning Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Aplikasi  Exe-Learning Pada Materi Getaran Dan Gelombang  Di SMP/MTs] Text (Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Aplikasi Exe-Learning Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMP/MTs)
SKRIPSI DARMA DWI W PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Baitussalam bahwasanya sumber belajar yang digunakan yaitu buku paket, dan powerpoint. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan persamaan yang komplek terdapat pada materi getaran dan gelombang. Materi tersebut adalah salah satu materi kelas VIII semester genap yang tergolong dalam materi yang sulit dipahami peserta didik. Untuk mengatasi hal ini maka dilakukan pengembangan e-modul agar dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung dalam memahami konsep dan persamaan pada meteri getaran dan gelombang. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendesain ¬e-modul fisika berbantuan aplikasi eXe-learning pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTs dan (2) mengetahui kelayakan e-modul modul fisika berbantuan aplikasi eXe-learning pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Alessi and Trollip. Langkah-langkah pengembangannya terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) perancangan (design); dan (3) pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah e-modul fisika berbantuan aplikasi eXe-learning pada materi getaran dan gelombang. Hasil Penelitian diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 96,15% dan validasi oleh ahli media memperoleh hasil sebesar 91,83% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul fisika berbantuan aplikasi eXe-learning pada materi getaran dan gelombang sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Darma Dwi Wahyudi Darma
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:18
Last Modified: 12 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34776

Actions (login required)

View Item
View Item