Sistem Kerja Sama Antara Nelayan Dan Pemilik Kapal iiPerspektif Akad Muḍārabah (Studi Di Rawa Gampong iiKecamatan Pidie)

Putri Savana, 170102145 (2024) Sistem Kerja Sama Antara Nelayan Dan Pemilik Kapal iiPerspektif Akad Muḍārabah (Studi Di Rawa Gampong iiKecamatan Pidie). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Kerja Sama Antara Nelayan Dan Pemilik Kapal   iiPerspektif Akad Muḍārabah (Studi Di Rawa Gampong iiKecamatan Pidie)] Text (Sistem Kerja Sama Antara Nelayan Dan Pemilik Kapal iiPerspektif Akad Muḍārabah (Studi Di Rawa Gampong iiKecamatan Pidie))
Putri Savana, 170102145, FSH, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kerjasama yang dilakukan pemilik kapal dan nelayan pada desa Rawa adalah kerjasama menggunakan hukum adat yang mana perjanjian kerjasama antara pemilik kapal dengan nelayan dilakukan secara lisan tanpa adanya perjanjian tertulis. Perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak ini berlangsung sejak dulu dengan jangka waktu berlayar kurang lebih selama 1 minggu hingga 2 minggu. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah pertama bagaimana sistem yang diterapkan pada kerjasama yang dilakukan oleh nelayan dan pemilik kapal di Gampong Rawa, kedua bagaimana kerja sama antara nelayan dan pemilik kapal perspektif muḍārabah di Rawa Gampong. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui sistem yang diterapkan kerja sama yang dilakukan nelayan dan pemilik kapal di RawaGampong, kedua adalah untuk mengetahui bagaimana kerja sama antara nelayan dengan pemilik kapal dalam perspektif muḍārabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sistem kerja sama yang dilakukan antara pemilik kapal dan nelayan adalah dengan menggunakan bagi hasil dengan akad muḍārabah, bagi hasil yang digunakan berbeda-beda yang meliputi pemilik kapal mendapatkan 60% sedangkan nelayan 40%, bagi hasil 50%:50% dan bagi hasil yang telah ditetapkan bagian-bagian kepada masing-masing orang sesuai dengan tugasnya. Sistem kerja sama antara nelayan dan pemilik kapal di Gampong Rawa sesuai perspektif Akad Muḍārabah karena sudah memenuhi rukun dan syarat akad muḍārabah. Praktik kerja sama ini termasuk jenis akad muḍārabah muqayyadah karena pemilik kapal memberikan batasan-batasan dalam hal penentuan lokasi, pihak pembeli hasil tangkapan, rentang waktu kerja sama, serta menanggung biaya-biaya selama nelayan selama bekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Kerja Sama Antara Nelayan Dan Pemilik Kapal iiPerspektif Akad Muḍārabah (Studi Di Rawa Gampong iiKecamatan Pidie)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Savana
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:29
Last Modified: 12 Jan 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item
View Item