Praktik Tasawuf Akhlaqi Di Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh)

Luqmanul Hakim, 201009015 (2023) Praktik Tasawuf Akhlaqi Di Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Praktik Tasawuf Akhlaqi Di Dayah Tuhfatul  Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh)] Text (Praktik Tasawuf Akhlaqi Di Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh))
8. Full Tesis (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Praktik tasawuf akhlaqi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan santri Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh). Bertasawuf mengajarkan para santri menghadapi tantangan hidup, mencari ketenangan batin, atau menjalankan praktek ibadah yang lebih mendalam tentang ajaran islam melalui praktek tasawuf. Tesis ini bertujuan melihat bagaimana praktek tasawuf akhlaqi di Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh) serta juga mengkaji sejauhmana implementasi yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif penelitian kualitaif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, dengan menggunakan metode pengumpulan data secara observai, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah (Mahfad Atjeh) menerapkan praktek tasawuf yang mengutamakan pembentukan akhlak yang baik serta mengamalkan segala macam jenis ibadah yang setiap harinya di praktekkan dan dijalankan oleh santri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tasawuf akhlaqi yang diamalkan di Dayah Tuhfatul Baidha Al-Aziziyah memegang peran kunci dalam membentuk individu yang lebih baik. Dalam lingkungan Dayah ini, praktik tasawuf akhlaqi tidak hanya menjadi serangkaian hubungan antara Allah dengan hambanya, tetapi juga merupakan jalan untuk mengasah berbagai kebajikan dan moralitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.2 Tasawuf
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Luqmanul Hakim Luqman
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:20
Last Modified: 15 Jan 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34788

Actions (login required)

View Item
View Item