Pemanfaatan Laboratorium Fisika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Besar

Resi Massaini, 180204062 (2024) Pemanfaatan Laboratorium Fisika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Resi Massaini, 180204062, FTK, PFS, 082262674578.pdf] Text
Resi Massaini, 180204062, FTK, PFS, 082262674578.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

bahan belum sesuai dengan standar laboratorium permendiknas Nomor 24 Tahun 2007. Hal ini terlihat pada saat peserta didik melakukan praktikum peralatan yang digunakan belum memadai, sehingga proses belajar mengajar tidak dapat mengkaitkan teori dengan praktik, dan berimbas pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium fisika terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di MAN 1 Aceh Besar. Jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan adalah Pre-Eksperimental Design dengan One-Group Pre test- Post test design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 berjumlah 28 peserta didik. Instrumen pengumpulan berupa soal tes dengan jumlah 20 butir soal multiple choise. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes meningkat dari 55,89 menjadi 79,46 dan nilai N-Gain 71,42% pada kategori sedang, dan 14,28% pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik, dilihat dari analisis N-Gain hasil belajar peserta didik belum terjadi peningkatan signifikan. Hal ini dikarenakan kertebatasan peralatan yang digunakan pada saat praktikum, sehingga beberapa peserta didik belum dapat sepenuhnya mengerti terhadap materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Resi Massaini
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:42
Last Modified: 15 Jan 2024 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34797

Actions (login required)

View Item
View Item