Pengaruh Media Pembelajaran Pocket Bilangan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Hafizul Ilmi

Desmita Safira, 180210095 (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Pocket Bilangan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Hafizul Ilmi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Pembelajaran Pocket Bilangan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Hafizul Ilmi] Text (Pengaruh Media Pembelajaran Pocket Bilangan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Hafizul Ilmi)
SKRIPSI DESMITA SAFIRA (180210095).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir simbolik adalah suatu kemampuan yang menjelaskan tentang obyek dan peristiwa, walaupun obyek dan peristiwa tersebut tidak hadir secara nyata (fisik) dihadapan anak, misalnya dalam menghitung angka-angka. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan di TK IT Hafizul Ilmi yaitu dari 15 anak hanya 5 anak yang mampu dalam berhitung sedangkan 10 anak masih kesulitan saat diminta untuk menunjukkan lambang bilangan 1-10, serta juga anak masih kesulitan dalam membedakan angka 6 dan 9, serta angka 1 dan 7. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran pocket bilangan dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Hafizul Ilmi Blangkrung Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan permainan pocket bilangan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok A TK Hafizul Ilmi, bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,77> 1,761 sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Desmita Safira Des
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:52
Last Modified: 15 Jan 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34799

Actions (login required)

View Item
View Item