Pengaruh Permainan Tradisional Tewor Kaleng Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Usia Dini di TK IT Hafizul Ilmi

Irma Davita, 180210094 (2023) Pengaruh Permainan Tradisional Tewor Kaleng Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Usia Dini di TK IT Hafizul Ilmi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Tradisional Tewor Kaleng Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Usia Dini di TK IT Hafizul Ilmi] Text (Pengaruh Permainan Tradisional Tewor Kaleng Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Usia Dini di TK IT Hafizul Ilmi)
SKRIPSI IRMA SIAP 2023 BRUU-data baru - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan motorik kasar pada kelompok B dari 20 anak terdapat 6 anak kemampuan motorik kasarnya berada pada kategori sangat baik, sedangkan 14 anak berada pada kategori belum berkembang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Peneliti menggunakan suatu permainan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, salah satu permainan yang dapat digunakan yaitu permainan tewor kaleng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan tewor kaleng dapat berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar. Metodelogi dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Teknik dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 20 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test untuk melihat kemampuan motorik kasar anak menggunakan permainan tewor kaleng. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan permaianan tewor kaleng berpengaruh terhadap kemampuan motorik pada anak kelompok B di TK IT Hafizul Ilmi, bahwa thitung > ttabel, yaitu 170,1> 1,729 sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Irma Davita Irma
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:52
Last Modified: 15 Jan 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34801

Actions (login required)

View Item
View Item