Strategi Mahasiswa Dalam Upaya Penyelesaian Studi Tepat Waktu (Studi Deskriptif Analisis pada Mahasiswa Angkatan 2019 di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Desi, 190402073 (2023) Strategi Mahasiswa Dalam Upaya Penyelesaian Studi Tepat Waktu (Studi Deskriptif Analisis pada Mahasiswa Angkatan 2019 di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Mahasiswa Dalam Upaya Penyelesaian Studi Tepat Waktu (Studi Deskriptif Analisis pada Mahasiswa Angkatan 2019 di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)] Text (Strategi Mahasiswa Dalam Upaya Penyelesaian Studi Tepat Waktu (Studi Deskriptif Analisis pada Mahasiswa Angkatan 2019 di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry))
Skripsi desi ALHAMDULILLAH terbaru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana strategi mahasiswa dalam menyelesaikan studi tepat waktu atau cumlaude karena kebanyakan dari mahasiswa terlambat untuk menyelesaikan studinya, dan hanya sebagian kecil yang bisa menuntaskan studi dengan tepat waktu. Jadi disini peneliti ingin melihat bagaimana strategi sebagian mahasiswa bisa menyelesaikan studi tepat waktu agar menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. Seharusnya mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan tepat waktu sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dari universitas yang bersangkutan. Namun kenyataannya ditemukan bahwa banyak mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya dengan tepat waktu. Lulus tepat waktu merupakan harapan semua mahasiswa namun di karenakan berbagai hambatan tidak jarang masih ditemukan banyak mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Tujuan penelitian: untuk mengetahui strategi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu dan untuk mengetahui hambatan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian sebanyak 10 informan. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: strategi mahasiswa dalam penyelesaian skripsi tepat waktu, yaitu lewat motivasi dari diri sendiri, dari lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, dan membuat time management dengan baik. Berkaitan dengan hambatan dalam penyelesaian skripsi tepat waktu, maka hambatannya tergantung cara seseorang menghadapinya. Yaitu seperti kurang memahami cara penulisan skripsi, adanya faktor internal, meliputi faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. seperti adanya problem atau masalah pribadi sehinga membuat skripsi terbengkalai, kurangnya motivasi dari diri sendiri dalam penyelesaian studi. dan faktor eksternal, meliputi faktor yang berasal dari luar diri seseorang. seperti yaitu, kurang ekonomi, terlambat Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dan problem akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Desi Desi
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:17
Last Modified: 15 Jan 2024 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34804

Actions (login required)

View Item
View Item