Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Gayo Lues

Sauqan Sarian, 180201148 (2024) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Gayo Lues] Text (Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Gayo Lues)
Sauqan Sarian, 180201148, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Media sosial merupakan suatu media komunikasi yang sangat banyak digunakan oleh semua orang. Penggunaan media sosial (youtube) dalam belajar mengajar dapat membangkitkan semangat dan motivasi, serta memberikan minat baru bagi siswa, karena menggabungkan audio, visual, gerak dan warna secara bersamaan. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media sosial (youtube) dalam peningkatan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gayo dan apa strategi yang digunakan oleh guru terhadap pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gayo Lues. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dalam peningkatan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gayo Lues. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial (youtube) dalam peningkatan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gayo Lues berjalan cukup bagus dan memberi jawaban untuk permasalahan siswa sehingga turut memberi suasana baru dalam pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan pada pemanfaatan media youtube dalam peningkatan minat belajar SKI yang pertama, mepersiapkan pembelajaran berupa link youtube dan RPP, kedua pemutaran video melalui link youtube, dan ketiga evaluasi pembelajaran dengan menjelaskan poin-poin penting dan hikmah yang diperoleh dari video yang ditayangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sauqan Sarian
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:14
Last Modified: 15 Jan 2024 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34805

Actions (login required)

View Item
View Item