Implementasi Peraturan Rektor No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Terhadap Etika Berpakaian Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Cut Salamah, 190402088 (2023) Implementasi Peraturan Rektor No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Terhadap Etika Berpakaian Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Peraturan Rektor No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Terhadap Etika Berpakaian Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Implementasi Peraturan Rektor No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Terhadap Etika Berpakaian Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
SKRIPSI CETAK CUT SALAMAH (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri merupakan Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan akademik pada sejumlah disiplin ilmu pengetahuan yang pada umumnya mengandung nilai keislaman. Selain disimplin ilmu, perguruan tinggi islam juga kerap mengatur beberapa hal salah satunya adalah tentang bagaimana mahasiswa mahasiswi berpakaian. Seiring berkembangnya zaman dimana pertukaran informasi yang begitu cepat, termasuk trend berbusana sangat mempengaruhi gaya berpakaian mahasiswa mahasiswi sekarang. Hal ini merupakan menjadi fokus pembahasan penulis dalam melakukan penelitian. Penelitian ini berdoman pada peraturan Rektor UIN Ar-Raniry No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Tentang Peraturan Berbusana, Namun masih ada beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang melanggar peraturan tersebut. Maka dari itu, Penelitian ini ingin mengetahui lebih jelas bagaimana model pakaian Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, serta untuk mengetahui bagaimana pemahaman Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry terhadap Kode Etik Peraturan Rektor No. 38 Bab V Pasal 10, Tahun 2019 Tentang Peraturan Berbusana. Untuk mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah Subjek sepuluh orang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan trigulasi data yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pakaian Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi sudah seseuai dengan syari’at islam namun, secara umum masih ada yang belum sesuai dengan pakaian syari’i, yaitu masih menampakkan aurat dengan pakaian yang dipakai, selanjutnya Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry paham terhadap etika berpakaian Muslimah dan kode etik tentang berpakaian serta tanggung jawabnya. Meskipun mahasiswa mahasiswi paham terhadap etika berpakaian sesuai dengan syariat islam dan kode etik peraturan Rektor tentang berpakaian akan tetapi Sebagian mahasiswa mahasiswi tidak menerapkannya. Hal ini disebabkan pengaruh trend fashion.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.385 Disiplin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut Salamah Cut
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:17
Last Modified: 15 Jan 2024 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item
View Item