Strategi Ustazah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Gampong Belegen Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam

Hardi Yanti, 190403076 (2024) Strategi Ustazah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Gampong Belegen Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Ustazah Dalam Meningkatkan Hafalan  Al-Qur’an Di Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Gampong Belegen Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam] Text (Strategi Ustazah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Gampong Belegen Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam)
Hardi Yanti, 190403076, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah: “Strategi Ustazah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Gampong Belegen, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam”. Pesantren ulumul Qur’an Mardhatillah merupakan pesantren yang mempunyai program khusus Tahfidz Alquran yang dimana santriwati-santriwati sukses dalam menghafal Alquran dan sukses dalam mengikuti perlombaan MTQ tiap tahunnya. Peran ustazah sangat penting oleh para Santriwati yang menghafal Alquran. Maka penting bagi ustazah Tahfidzul Qur’an untuk menerapkan strategi yang dapat membuat hafalan Santriwati menjadi meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh ustazah dalam meningkatkan hafalan Alquran Santriwati seperti dari macam-macam strategi yang meliputi, 1) strategi pengorganisasian, 2) strategi penyampaian, 3) strategi pengelolaan. Prinsip-prinsip strategi yang meliputi, 1) prinsip strategi yang berorientasi pada tujuan, 2) prinsip Strategi Individualitas, 3) prinsip strategi integritas. Ciri-ciri strategi meliputi, 1) wawasan waktu, 2) dampak, 3) pemusatan upaya, 4) peresapan. Komponen strategi meliputi, 1) aktivitas proses belajar mengajar Pengenalan, 2) sarana penyampaian sebuah fakta, 3) keikutsertaan dan interaksi dengan santri, 4) ujian sebagai tahapan evaluasi, 5) Aktivitas rutin berkelanjutan. Adapun hambatan Ustazah dalam meningkat hafalan Alquran santriwati meliputi faktor internal dan ekternal, sedangkan keberhasilan ustazah dalam meningkatkan hafalan Alquran santriwati meliputi, selalu bertawakal kepada Allah Swt, muraja’ah, keteguhan dan kesabaran, dan mendengarkan hafalan kepada orang lain (Tasmi’).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Hardi Yanti
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:18
Last Modified: 15 Jan 2024 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34808

Actions (login required)

View Item
View Item