Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Batu Hitam Aceh Selatan

Al Khairi, 190209073 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Batu Hitam Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Batu Hitam Aceh Selatan] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Batu Hitam Aceh Selatan)
Al Khairi, 190209073, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan sebelumnya di SD Negeri 1 Batu Hitam Aceh Selatan di kelas V, terlihat kemampuan peserta didik dalam memahami pecahan masih kurang sebagaimana dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Oleh karena itu, perlu adanya model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Numbered Head Together pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Batu Hitam Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 9 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I yaitu 61,6%, siklus II meningkat menjadi 73,3%, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 86,6%. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 58,3%, siklus II memperoleh persentase 68,3% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 44,4%%, siklus II memperoleh persentase 77,7% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 88,8%% termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan di kelas V SD Negeri 1 Batu Hitam Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Al Khairi
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:32
Last Modified: 16 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34814

Actions (login required)

View Item
View Item