Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Nahri Salji, 180205083 (2024) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP] Text (Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP)
Nahri Salji, 180205083, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu LKPD berbasis etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian Pre-experimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII1 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik uji-t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh thitung = 1,92 dan ttabel= 1,71. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t_hitung> t_tabel atau 1,92 > 1,71 sehingga hipotesis alternatif H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nahri Salji
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:39
Last Modified: 16 Jan 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34824

Actions (login required)

View Item
View Item