Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Tps) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji

Halimatun Sakdiah, 291325042 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Tps) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembrlajaran)
Halimatun Sa'diah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan mata pelajaran sains yang identik dengan perhitungan serta reaksi-reaksi kimia. Objek kajian kimia yang abstrak membuat peserta didik cenderung malas dalam mempelajari kimia. Hal inilah yang menjadikan
kimia sebagai suatu pelajaran yang sukar dan kurang disukai peserta didik. Di karenakan hal tersebut maka dibutuhkan penanganan yang tepat dan membutuhkan berbagai cara agar permasalah tersebut dapat diatasi. Penggunaan model
pembelajaran think pair and share (TPS) adalah salah satu alternatif yang dapat memecahkan masalah tersebut. Dengan menggunakan model TPS dapat meningkatkan partisifasi dan peran aktif siswa yang akan berdampak positif terhadap
hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari model kooperatif tipe TPS terhadap: respon siswa, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di kelas X SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksprimen (OneGroup Pretest-Posttest Design) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan soal tes. Hasil respon siswa setelah kegiatan belajar mengajar memperoleh hasil yang positif dengan nilai 47,9 % siswa memilih sangat setuju, 48,3 % memilih setuju dan 3,6 % memilih kurang setuju dari total 100%. Aktivitas siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS memperoleh nilai yang sangat tinggi yaitu 91,34% kategori 76< % ≤100 yaitu sangat tinggi. Hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t thitung ≥ ttabel (20,1 ≥ 1,07) pada taraf signifikan α = 0,05 dan pengujian juga dilakukan dengan uji n-gain hasil belajar siswa mencapai n-gain diatas 0,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr, H. Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon, Think Pair and Share
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Halimatun Sakdiah
Date Deposited: 04 May 2018 09:00
Last Modified: 04 May 2018 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item
TOP