Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Di TK B Geunaseh Poma Aceh Selatan

Yulinda Afriani, 180210079 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Di TK B Geunaseh Poma Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Di Tk B Geunaseh Poma Aceh Selatan] Text (Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Di Tk B Geunaseh Poma Aceh Selatan)
Yulinda Afriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di TK Geunaseh Poma adalah dimana kemampuan berpikir logis anak usia dini 5-6 tahun tidak berkembang sebagaimana mestinya. Kemampuan berpikir logis yang belum berkembang berdasarkan hasil observasi yaitu anak belum mampu mengenal perbedaan dengan benda-benda di sekitar meliputi fungsi dan manfaat benda-benda disekitar lingkungan, belum mampu mendeskripsikan bentuk dan tekstur benda-benda yang ada di sekitar anak, anak sulit membedakan ukuran benda-benda disekitar, anak belum mampu menjelaskan ciri-ciri benda disekitarnya anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bahan alam terhadap kemampuan berpikir logis anak pada TK-B Geunaseh Poma Aceh Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi anak kelompok B sebanyak 16 orang, sedangkan sampel juga 16 orang kelompok B yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji nomalitas dan uji t dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media bahan alam berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis anak pada TK-B Geunaseh Poma Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Yulinda Afriani Yulinda
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:50
Last Modified: 16 Jan 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34830

Actions (login required)

View Item
View Item