Korelasi Antara Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Smp Negeri 4 Banda Aceh

Haura Zahabyyah, 180207032 (2023) Korelasi Antara Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Smp Negeri 4 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pencemaran Lingkungan, Pengetahuan, Sikap Peduli Lingkungan] Text (Pencemaran Lingkungan, Pengetahuan, Sikap Peduli Lingkungan)
Haura Zahabyyah, 180207032, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMP pada mata pelajaran IPA, termasuk SMP Negeri 4 Banda Aceh. Pengetahuan dapat merubah sikap dan kepribadian menjadi lebih baik, namun kenyataannya berdasarkan hasil observasi di lingkungan SMP Negeri 4 Banda Aceh peserta didik masih tergolong kurang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi pengetahuan pencemaran lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-Oktober 2023 dengan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 162 peserta didik yang diambil 25% dari total populasi, jumlah sampel yang digunakan adalah 41 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pengetahuan, pemberian angket, dan observasi kepada peserta didik. Hasil penelitian terhadap pengetahuan materi pencemaran lingkungan peserta didik diperoleh nilai 81 yang tergolong pada kriteria baik dan sikap peduli lingkungan peserta didik diperoleh nilai 80,2 tergolong pada kategori baik. Analisis korelasi menggunakan program SPSS Versi 26.0 (Product Moment). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara variabel X (Pengetahuan) dengan variable Y (Sikap Kepedulian), dengan perolehan nilai korelasi sebesar 0,462 yang tergolong kategori sedang dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi pengetahuan materi pencemaran lingkungan peserta didik terhadap sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Haura Zahabyyah Haura
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:50
Last Modified: 16 Jan 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34840

Actions (login required)

View Item
View Item