Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cingoran Aceh Selatan

Rona Sari, 180210066 (2023) Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cingoran Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cingoran Aceh Selatan] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cingoran Aceh Selatan)
Rona Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di TK Cingoran adalah anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan, anak-anak di TK Cingoran ini belum mengenal lambang bilangan dengan baik, anak belum bisa menyebutkan angka 1-10 secara runtut, dan anak juga masih kesulitan dalam membedakan angka. Terlihat saat anak salah menyebutkan angka 6 dan 9 sering tertukar, angka 7 seringkali tertingal saat anak menyebutkan angka 1-10. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan anak mengenal lambang bilangan. Penelitian ini mengunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan jenis pre-experimen dan design one groub pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 di TK Cingoran yaitu anak kelompok A yang berjumlah 10 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dan dokumentasi untuk melihat pengaruh kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak melalui permainan memancing angka. Data dianalisis dengan bivariate menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% (0,05), diproleh nilai rata-rata pretest dan posttest selisih rata-rata yaitu 1,82. Nilai thitung yang diproleh adalah 22,4 dan ttabel 1,833.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rona Sari Rona
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:51
Last Modified: 16 Jan 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34841

Actions (login required)

View Item
View Item