Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil

M. Alvi Iswanda, 170604122 (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil] Text (Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil)
Skripsi Alvi Iswanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Saat ini, sektor pariwisata Indonesia berkontribusi untuk kira-kira 4% dari total perekonomian. Pariwisata merupakan sektor yang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Salah satu kabupaten di provinsi di Aceh yang memiliki potensi wisata bahari adalah yaitu daerah Pualau Banyak Kabupaten Aceh Singkil yang ditandai dengan pencanangan daerah sebagai daerah destinasi wisata. Adapun dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel sarana dan prasarana, kualitas pelayanan, dan daya tarik wisata terhadap keputusan wisatawan berkunjung. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui data primer berskala likert melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sarana dan prasarana, kualitas pelayanan, dan daya tarik wisata secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Secara parsial variabel sarana dan prasarana, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung dengan angka probabilitas signifikan sebesar 0,012, dan juga tingkat variabel kualitas pelayanan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung dengan nilai angka probabilitas signifikan sebesar 0,038, sedangkan variabel variabel daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil dengan nilai angka probabilitas signifikan sebesar 0,002.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: M. Alvi Iswanda Alvi
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:09
Last Modified: 17 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34842

Actions (login required)

View Item
View Item