Kebiasaan Merokok Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja Di Desa Kuta Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan

Eka Yulita, 190402077 (2023) Kebiasaan Merokok Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja Di Desa Kuta Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebiasaan Merokok Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja Di Desa Kuta Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan] Text (Kebiasaan Merokok Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja Di Desa Kuta Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)
SKRIPSI CETAK EKA pdf (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku merokok orang tua dihadapan remaja akan memberikan dampak negatif bagi perilaku remaja. Seharusnya orang tua menjadi panutan yang baik bagi remaja. Akan tetapi orang tua melarang remaja merokok namum tetap mencontohkan perilaku merokok dihadapan remaja. kebiasaan merokok orang tua sering dilakukan di depan umum dan sekarang banyak remaja yang masih berstatus pelajar merokok, padahal menurut peraturan pemerintah No. 109 tahun 2012, pasal 25 ayat 6 remaja dianggap belum layak merokok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebiasaan merokok orang tua, untuk mengetahui pengaruh merokok orang tua terhadap perilaku merokok remaja, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 10 sampel. Teknik analisis data menggunakan trigulasi data yaitu : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memunjukkan Kebiasaan merokok orang tua di Desa Kuta Baro sudah menjadi penyambung tali silaturrahmi dan juga kebiasaan negatif, dikatakan kebiasaan negatif karena perilaku merokok orang tua dilakukan didepan umum dan sangat berbahaya bagi kesehatan, pemborosan waktu dan salah satu faktor kesulitan ekonomi. Pengaruh kebiasaan merokok orang tua terhadap perilaku merokok remaja merupakan perilaku imitasi dari orang tua, teman, dan lingkungan perilaku merokok orang tua di hadapan remaja sangat berpengaruh besar bagi perilaku merokok remaja karena orang tua merupakan panutan bagi anak-anaknya. Faktor yang mempengaruhi remaja merokok, ada dua faktor yaitu faktor Internal seperti rasa penasaran dan ingin tahu, dan faktor eksternal seperti orang tua, pengaruh teman, pengaruh iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Eka Yulita Eka
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:01
Last Modified: 16 Jan 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34848

Actions (login required)

View Item
View Item