Pengaruh Faktor Perilaku Investor Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah (Studi Terhadap Investor Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Putri Rafiqah, 190602136 (2023) Pengaruh Faktor Perilaku Investor Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah (Studi Terhadap Investor Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keputusan Investasi] Text (Keputusan Investasi)
Putri Rafiqa, 190602136, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Secara umum, tujuan keputusan investasi adalah membuat penentuan yang bijaksana saat memilih berbagai alternatif instrumen investasi. Perencanaan terhadap keputusan investasi sangat penting karena dana yang dikeluarkan untuk investasi sangat besar dan jumlah dana tersebut tidak bisa diperoleh kembali dalam jangka pendek atau diperoleh sekaligus. Keputusan investasi dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel diantaranya terlalu percaya diri, reaksi under/over, dan persepsi risiko. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor terlalu percaya diri, reaksi under/over, dan persepsi risiko terhadap keputusan investasi pada investor saham di Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh nasabah atau investor saham Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berjumlah 778 investor, dengan menjadikan 87 investor sebagai sampel. Teknik pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan google form. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil pengujian parsial diketahui bahwa variabel terlalu percaya diri berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan investasi dan variabel reaksi under/over dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi, sedangkan pengujian simultan menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Rafiqah Putri
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34853

Actions (login required)

View Item
View Item