Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan PHET Simulation Pada Materi Gelombang Bunyi Di SMA/MA

Fauriza Hafni, 200204005 (2024) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan PHET Simulation Pada Materi Gelombang Bunyi Di SMA/MA. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Fauriza Hafni, 200204005, FTK, PFS, 082287879209.pdf] Text
Fauriza Hafni, 200204005, FTK, PFS, 082287879209.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang tidak bervariasi dan pembahasan materi fisika yang dianggap sulit karena kurangnya berpikir kritis peserta didik. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan persamaan yang terdapat pada materi gelombang bunyi, sehingga membutuhkan model pembelajaran yang sesuai yaitu discovery learning dimana peserta didik diharapkan mampu mengatasi masalah yang dihadapi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan pengembangan e-modul pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan PhET Simulation sebagai pengganti praktikum secara nyata agar dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik terkait materi gelombang bunyi serta menjadi bahan ajar elektronik yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang karena bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan dimana saja untuk mengulang kembali materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan dan kepraktisan e-modul pembelajaran fisika berbasis discovery learning berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang bunyi SMA/MA. E-modul pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan PhET Simulation berpedoman pada model pengembangan Alessi dan Trollip karena cocok dengan menggunakan model penelitian ini produk yang dihasilkan berbentuk elektronik, memiliki 3 tahap yaitu (1) Planning, (2) Desain dan (3) Development. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalan e-modul pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang bunyi di SMA/MA. Hasil kelayakan uji alfa dengan menyebarkan angket lembar validasi maka didapatkan dari validasi ahli media dengan skor persentase 94,48% kategori sangat layak dan validasi ahli materi dengan skor persentase 93,7% kategori sangat layak. Dapat disimpulkan uji kelayakan terhadap e-modul pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang bunyi dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 94,09% kategori sangat layak. Selanjutnya kepraktisan untuk uji beta dengan menyebarkan angket lembar validasi mendapatkan skor persentase 93,92% dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fauriza Hafni
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:32
Last Modified: 17 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34877

Actions (login required)

View Item
View Item