Pengembangan E-LKPD Berbantuan Virtual Laboratorium Simulasi Phet Pada Materi Momentum Dan Impuls Tingkat SMA/MA

Susi Febrianti, 200204016 (2024) Pengembangan E-LKPD Berbantuan Virtual Laboratorium Simulasi Phet Pada Materi Momentum Dan Impuls Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Susi Febrianti, 200204016, FTK, PFS, 082368810579.pdf] Text
Susi Febrianti, 200204016, FTK, PFS, 082368810579.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan keterbatasan fasilitas di laboratorium menjadi kendala bagi peserta didik untuk melakukan praktikum dan keterbatasan waktu juga menjadi salah satu alasan mereka tidak menggunakan bahan ajar berbantuan teknologi. Materi momentum dan impuls dianggap rumit oleh peserta didik, hal ini disebabkan oleh keterbatasan penggunaan buku cetak sebagai satu-satunya bahan ajar dalam proses pembelajaran fisika. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan bahan ajar tambahan berupa E-LKPD untuk membantu peserta didik memahami konsep momentum dan impuls. Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk merancang desain E-LKPD berbantuan virtual laboratorium simulasi PhET dan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD tersebut. Pembuatan E-LKPD berbantuan virtual laboratorium simulasi PhET digunakan sebagai simulasi animasi pembelajaran yang bersifat interaktif, sehingga akan memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat peserta didik terhadap ilmu fisika. Proses pengembangan E-LKPD berbantuan virtual laboratorium simulasi PhET mengikuti model yang telah dikembangkan oleh Alessi dan Trollip, yang terdiri dari tiga tahap: (1) Perencanaan (Planning), (2) Perancangan (Design), dan (3) Pengembangan (Development). Hasil dari penelitian ini adalah E-LKPD berbantuan virtual laboratorium simulasi PhET yang fokus pada materi momentum dan impuls. Mengetahui kelayakan produk dilakukan melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi, dengan persentase validasi ahli media mencapai 94,37%, dan validasi ahli materi mencapai 93,14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Susi Febrianti
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:32
Last Modified: 17 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item
View Item