Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar di Kelas X SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar

Maisa Fitri, 251324498 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar di Kelas X SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Belajar dan Mengajar]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Belajar dan Mengajar)
MAISA FITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAS Babul Maghfirah pada materi gerak melingkar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh bahwa banyak siswa beranggapan bahwa pelajaran fisika itu sulit dan adanya rumus-rumus yang tidak mudah untuk dipelajari dan dimengerti oleh mereka, pada saat di kelas peran guru menjadi sumber belajar (Teacher Oriented) dan siswa hanya pasif sehingga tidak terjadi komunikasi dua arah antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar di kelas X SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar. Metode penelitan yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pre test dan post test Control Group yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa sebagai kelas kontrol dan Xb sebagai kelas eksperimen. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa thitung 2,01> ttabel 1,68 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Soewarno S, M.Si; 2. Yeggi Darnas, M.T
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar, Gerak Melingkar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maisa Fitri
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:19
Last Modified: 13 Apr 2018 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3488

Actions (login required)

View Item
View Item