Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Di MAN 1 Aceh Besar

Uci Ustila Putri, 180204051 (2024) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Uci Ustila Putri, 180204051, FTK, PFS, 082343101728.pdf] Text
Uci Ustila Putri, 180204051, FTK, PFS, 082343101728.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MAN 1 Aceh Besar peneliti menemukan beberapa permasalahan diantaranya peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, serta hasil belajar peserta didik masih kurang. Permasalahan ini diakibatkan karena model mengajar guru belum terlalu variatif, sehingga peneliti tertarik mengambil model TSTS. Alasannya karena berdasarkan beberapa hasil kajian literatur menyebutkan bahwa TSTS mampu meningkatkan keaktifan peserta didik serta meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 14 Agustus 2023. Penelitian ini diadakan dua siklus. Siklus Pertama membahas tentang usaha dan energi. Siklus kedua membahas tentang hukum kekekalan energi mekanik. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Aceh Besar berjumlah 28 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam menerapkan model TSTS kelas X MAN 1 Aceh Besar sudah berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan setiap siklusnya, hasil persentase yang sebelumnya di siklus 1 70 % (pengamat 1) dan 73,7 % (pengamat 2) meningkat di siklus ke 2 yaitu 93,7 % (pengamat 1) dan 91,2 % (pengamat 2). Aktivitas peserta didik MAN 1 Aceh Besar dalam menerapkan model TSTS terlaksana dengan baik, dapat dibuktikan dari peningkatan siklus I dan siklus II, yang sebelumnya 68,7 % (pengamat 1) dan 67,5 % (pengamat 2) menjadi 91,2% (pengamat 1) dan 88,7% (pengamat 2). Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model TSTS dikelas X MAN 1 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus 1 sebelumnya rata-ratanya 64,3 menjadi 81,4

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Uci Ustila Putri
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:33
Last Modified: 17 Jan 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34880

Actions (login required)

View Item
View Item