Terapi Dzikir Dan Doa Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia

Nurul Izzah Atirah Binti Mohd Yusof, 190402106 (2024) Terapi Dzikir Dan Doa Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Terapi Dzikir Dan Doa Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia] Text (Terapi Dzikir Dan Doa Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia)
Nurul Izzah Atirah Binti Mohd Yusof, 190402106, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Setiap manusia memiliki berbagai masalah dalam kehidupan, begitu banyak masalah jika dipandang dari berbagai aspek. Pada era masa kini merupakan era kegelisahan, setiap masalah kehidupan dapat terlihat dan mampu dirasakan di manapun individu tersebut berada. Dengan yang demikian timbulah kebutuhan yang meningkat dan semakin minimnya tingkat kedamaian yang terjadi. Dengan keadaan tersebut maka tidak heran bila perasaan tidak tenang merupakan salah satu tolak ukur seseorang itu menjadi stres. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran umum mahasiswa yang mengalami stres, implementasi terapi dzikir dan doa dalam mengurangi stres pada mahasiswa dan bagaimana dampak terapi dzikir untuk mengurangi stres pada mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran umum mahasiswa yang mengalami stres, implementasi terapi dzikir dan doa dalam mengurangi stres pada mahasiswa dan bagaimana dampak terapi dzikir untuk mengurangi stres pada mahasiswa Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) Negeri Kuala Terengganu Negara Malaysia. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak sembilan orang informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya stres pada mahasiswa di Kolej tersebut antaranya adalah masalah dalam organisasi, terlalu sibuk dengan organisasi dan banyak kerja yang harus dilakukan dalam organisasi, masalah akademik yang tinggi, sulit untuk menghafal ketika mahu ujian dan banyak tugasan yang diberikan oleh dosen. Adanya masalah ini sangat berdampak negatif terhadap mahasiswa sehingga mengakibatkan mahasiswa mengalami stres. Impelementasi terapi dzikir dan doa dilakukan 3 kali sebulan dan dzikir harian yang dilakukan oleh mahasiswa di Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) , dengan dzikir dan doa yang telah disediakan. Hasil dari terapi zikir dan doa untuk mengurangi stres pada Mahasiswa Di Kolej Universiti Darul Qur’an Islamiyyah (KUDQI) majoriti berhasil/berkesan karena ianya memberi dampak yang positif kepada mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Izzah Atirah Binti Mohd Yusof
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:43
Last Modified: 17 Jan 2024 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34881

Actions (login required)

View Item
View Item