Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) di Tingkat Gampong Studi Analisis di Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh

Rusy Mardhatillah, 180802082 (2023) Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) di Tingkat Gampong Studi Analisis di Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemerintah Desa] Text (Pemerintah Desa)
Rusy Mardhatillah, 180802082, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Mewujudkan good governance dalam pelayanan publik merupakan komitmen pemerintah desa dalam pelaksanaan pemerintahan di Gampong Seutui. Penerapan good governance dalam mewujudkan pelayanan publik diharapkan dapat dijadikan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk melaksanakan asas-asas demokrasi, yang menjunjung tinggi aspek pemenuhan, hak-hak rakyat oleh penguasa, ditegakkannya nilai-nilai keadilan dan solidaritas sosial, serta adanya penegakan HAM dalam berbagai aspek kehidupan Negara. Dengan demikian, untuk mewujudkan terciptanya good governance dalam pelayanan publik, maka aparatur pemerintahan desa harus selalu menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam setiap pelayanan publik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan prinsip good governance dalam proses tata kelola pemerintahan di Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. 2. Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan prinsip Good Governance di Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka/dokumentasi. Sedangkan informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Berdasarkan hasil pembahasan serta kesimpulan yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa penerapan prinsip good governance yang transparan, akuntabel, dan partisipatif dapat meningkatkan pelayanan di Kantor Geuchik Gampong Seutui. Penerapan prinsip Good Governance dalam tata kelola pemerintahan Gampong Seutui secara umum berjalan kurang optimal, hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa dimensi yang tidak berjalan atau kurang optimal. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kantor Geuchik Gampong Seutui adalah persoalan petugas pelayanan, serta ketidakdisiplinan beberapa aparatur gampong dalam bekerja sehingga tidak jelasnya waktu pelayanan yang diberikan dengan begitu pemberian pelayanan dianggap tidak berjalan dengan baik atau kurang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rusy Mardhatillah Rusy
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:47
Last Modified: 17 Jan 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34883

Actions (login required)

View Item
View Item