Peran Pemerintah Gampong Dalam Mensejahterakan Masyarakat Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan

Mona Sasmita, 180404030 (2024) Peran Pemerintah Gampong Dalam Mensejahterakan Masyarakat Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Pemerintah Gampong Dalam Mensejahterakan Masyarakat Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Pemerintah Gampong Dalam Mensejahterakan Masyarakat Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)
Mona Sasmita, 180404030, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Pemerintah Gampong Dalam Mensejahterakan Masyarakat Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan”. Penelitian ini disebabkan adanya dampak yang baik, gampong Ujung Pasir adalah salah satu gampong yang masih kurang berkembang dalam sektor pembangunannya. Pemerintah gampong Ujung Pasir tidak hanya membentuk suatu program ataupun kegiatan yang akan dilakukan sehingga akan direalisasikan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan apa saja program pemerintah yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gampong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan mengetahui program pemerintah yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu keuhick, sekretaris, bendahara, kasie pemerintahan, kasie kesejahteraan dan masyarakat gampong Ujung Pasir. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran pemerintah gampong sebagai fasilitator dan program yang dilakukan yaitu berupa program pemberdayaan masyarakat dalam sektor pembangunan jalan, sektor pertanian dalam pemberian bibit tanaman, sektor peternakan dalam pemberian bibit ternak dan sektor kesehatan dalam pembangunan rumah untuk berobat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mona Sasmita
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:55
Last Modified: 17 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34886

Actions (login required)

View Item
View Item