Peran Keuchik dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Lia Maisarah, 180802140 (2023) Peran Keuchik dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pelayanan Publik] Text (Pelayanan Publik)
Lia Maisarah, 180802140, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Aparatur Pemerintah Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya yang selama ini bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah seharusnya memberikan pelayanan dengan kualitas yang baik dan efektif kepada masyarakat.Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut sangat diperlukan peran Keuchik GampongMeudheun dalam hal tersebut untuk mengarahkan dan mengawasi hal tersebut dilaksanakan dengan baik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh Aparatur Gampong Meudheun tergolong lamban dan cenderung berbelit-belit. Hal ini menyebabkan pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat tidak efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa peran Keuchik Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dalam meningkatkan pelayanan publik, serta untuk menganalisa bagaimana pelaksanaan peran Keuchik Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dalam meningkatkan pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan peran Keuchik Gampong Meudheun untuk meningkatkan pelayanan publik di Gampong Meudheun Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya sebagai regulator, fasilitator dan mobilisator sudah cukup baik. Akan tetapi masih ada beberapa hal yang juga harus diperbaiki lagi terutama terkait Keuchik yang sering susah dijumpai di Kantor Keuchik/Kantor Desa pada saat jam kerja karena kesibukan menghadiri acara di dalam maupun luar daerah. Selanjutnya terdapat 3 (tiga) faktor pendukung dalam pelaksanaan peran Keuchik tersebut yaitu faktor aturan, pendapatan dan juga faktor sarana dan pra-sarana yang memadai. Selanjutnya selain faktor pendukung juga masih terdapat faktor penghambat yang masih harus terus diperbaiki kedepannya yaitu faktor kesadaran dalam melayani masyarakat, serta faktor kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih harus terus ditingkatkan kembali, agar kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, murah dan berkualitas bisa tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Lia Maisarah Lia
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:46
Last Modified: 17 Jan 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34887

Actions (login required)

View Item
View Item