Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Minnesota Assessment Of Problem Solving (MAPS) Pada Materi Usaha Dan Energi

Yona Violiska, 190204034 (2024) Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Minnesota Assessment Of Problem Solving (MAPS) Pada Materi Usaha Dan Energi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Minnesota Assessment Of Problem Solving (MAPS) Pada Materi Usaha Dan Energi] Text (Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Minnesota Assessment Of Problem Solving (MAPS) Pada Materi Usaha Dan Energi)
Yona Violiska, 190204034, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti, banyak mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal fisika, khususnya pada materi Energi. Kesulitan ini tentunya membuat mahasiswa mengalami kebingungan dalam menyelesaikan masalah dengan benar secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan Minnesota Assessement of Prolem Solving dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 14 mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam aspek fokus pada permasalahan hampir seluruh mahasiswa dapat menguasai. Pada aspek menggambar situasi fisika, hampir seluruh mahasiswa juga memahami. Pada aspek perencanaan, sebagian mahasiswa mengalami kesulitan. Pada aspek menjalankan rencana dan evaluasi jawaban, nyaris seluruh mahasiswa mengalami kesulitan. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala kesulitan yang dialami mahasiswa yaitu kesulitan dalam menerapkan konsep, kesulitan dalam penulisan simbol besaran dan kesulitan dalam menguasai materi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yona Violiska
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:23
Last Modified: 17 Jan 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item
View Item