Dimensi Religius Dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Sumur Tiga Kota Sabang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan

Eva Zulfia Misna, 190403017 (2024) Dimensi Religius Dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Sumur Tiga Kota Sabang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dimensi Religius Dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Sumur Tiga Kota Sabang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan] Text (Dimensi Religius Dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Sumur Tiga Kota Sabang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan)
Eva Zulfia Misna, 190403017, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Dimensi Religius Dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Sumur Tiga kota Sabang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan”. Dimensi religius dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku wisatawan sesuai dengan dimensi praktik agama/ritual (syariah), pengelolaan objek wisata kuliner dan penginapan yang disediakan oleh hotel yang ada di sekitar pantai Sumur Tiga sesuai dengan syariat Islam. Pengelola penginapan di wilayah wisata Sabang ikut serta dalam membantu pemerintah Kota Sabang untuk menjaga budaya Aceh yang menerapkan syariat islam dan menjaga prinsip-prinsip wisata syariah yang dit-erapkan di Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan wisata syariah di Sabang dilakukan sesuai dengan prinsip syariat Islam dimana wisatawan wajib mematuhi dan menjaga semua aturan budaya Islam yang berlaku di Aceh, karena setiap pengunjung muslim sangat memperhatikan dan membutuhkan beberapa hal penting yang harus sesuai dengan syariat agama. Pengelolaan pantai Sumur Tiga masih belum tereleisasi dengan baik seperti, untuk fasiltas yang ada dapat dikatakan masih kurang memadai. Untuk promosi wisata itu sendiri yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang sudah signifikan seperti mengadakan event di Sumur Tiga, membagikan brosur ke media social, dan mendatangkan kapal pesiar, namun untuk promosi Sumur Tiga sendiri belum signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Eva Zulfia Misna
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:46
Last Modified: 18 Jan 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34904

Actions (login required)

View Item
View Item