Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah Dalam Meningkatkan Solidaritas (Studi Kasus Di Dusun Sei Rambe Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara)

Jamilahani, 190403008 (2024) Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah Dalam Meningkatkan Solidaritas (Studi Kasus Di Dusun Sei Rambe Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah Dalam Meningkatkan Solidaritas (Studi Kasus Di Dusun Sei Rambe Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara)] Text (Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah Dalam Meningkatkan Solidaritas (Studi Kasus Di Dusun Sei Rambe Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara))
Jamilahani, 190403008, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah: “Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah dalam Meningkatkan Solidaritas (Studi Kasus di Dusun Sei Rambe Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu)”. Masih banyak para masyarakat yang kurang dalam mempelajari bacaan surah yasin yang baik dan benar, dan kurangnya ilmu pengetahuan dalam bidang agama. Sehingga minimnya masyarakat yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Wirid Yasin Sebagai Sarana Dakwah dalam Meningkatkan Solidaritas. Metode yang digunakan dalam penelitaian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Wirid Yasin di Dusun Sei Rambe mampu menjadi sarana dakwah dalam meningkatkan solidaritas di masyarakat. Ada beberapa cara, pertama dengan cara membimbing sesama anggota dalam membaca surah yasin yang baik dan benar. Kedua dapat mempermudah berjalannya aktivitas wirid yasin tanpa adanya perbedaan ilmu agama dalam membaca surat yasin yang baik dan benar. Ketiga saling menghargai dan menghormati pendapat satu sama lain, dan lebih meningkatkan kualitas kekompakan dan persaudaraan antar anggota. Adapun kendala dari Wirid Yasin itu sendiri ialah minimnya pendidikan di kalangan ibu-ibu. Sehingga menyebabkan kurangnya pengetahuan baik dalam bidang agama maupun dalam bidang sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Jamilahani Hani
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:46
Last Modified: 18 Jan 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34908

Actions (login required)

View Item
View Item