Eksistensi Wisatawan Mancanegara Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Pulau Banyak

Fitria, 190305013 (2024) Eksistensi Wisatawan Mancanegara Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Pulau Banyak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Eksistensi Wisatawan Mancanegara Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat  Pulau Banyak] Text (Eksistensi Wisatawan Mancanegara Serta Dampaknya Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Pulau Banyak)
Fitria, 190305013, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang eksistensi wisatawan mancanegara serta dampaknya terhadap perubahan perilaku sosial masyarakat pulau banyak. Lokasi wisata Pulau Banyak menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Keberadaan wisatawan mancanegara mengakibatkan perubahan perilaku sosial masyarakat Pulau Banyak. Dari perubahan pola pikir, terbentuknya kebiasaan, serta gaya hidup masyarakat dalam waktu yang relatif singkat kepada arah kehidupan yang lebih modern, dan konsumtif. Perubahan perilaku sosial menjadi faktor terbukanya akses seperti, pembangunan, pendidikan, kesehatan, pola pikir, dan meningkatnya sektor perekonomian masyarakat. Sehingga menjadikan desa lebih berkembang, terutama dalam sektor pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku sosial yang terjadi dalam masyarakat dari keberadaan wisatawan mancanegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian, bentuk eksistensi wistawan mancanegara yang pertama, sebagai pengunjung, yaitu meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara dari tahun ke tahun. wisatwan mancanegara sebagai pengusaha resort, prosedur yang mereka tempuh dalam membuka usaha yaitu melalui Hak Pakai (HP) dan hak pembangunan, di bantuk oleh pihak lokal. kedua Bentuk perilaku sosial masyarakat sebelumnya datangnya wisata manca negara yaitu, terisolasi, tertutup, sulitnya akses ke yang lain, tidak ada akses internet, tidak ada listrik, sulit mendapatkan pelayanan kesehatan di tempat ini. Ketiga, masyarakat mudah mendapatkan akses berbagai hal, berakibat ke membaik ekonomi masyarakat setempat dan antusias menyekolahkan anak-anak. Adanya kontak budaya menjadikan pola fikir masyarakat terbuka dan intens terjalin komunikasi antara masyarakat setempat, serta dengan masyarakat luar Desa Pulau Banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, wisatawan mancanegara, prilaku sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Fitria Fitria
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:04
Last Modified: 18 Jan 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34912

Actions (login required)

View Item
View Item