Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membina Sikap Siswa Kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar

Irma Muliani, 190201129 (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membina Sikap Siswa Kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membina Sikap Siswa Kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membina Sikap Siswa Kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar)
Irma Muliani, 190201129, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Sikap anak zaman sekarang sangat memperhatinkan. Hal ini terjadi pada siswa SD IT yang masih jauh dari kata baik. Dalam berbahasa siswa masih ada yang menggunakan bahasa yang kurang sopan dan tidak menghargai serta menghormati guru maupun teman-temannya. Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki peran yang penting dalam pembinanan sikap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina sikap siswa kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina sikap siswa kelas V SD IT Hafizul Ilmi Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina sikap siswa kelas V yaitu sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai pelatih, sebagai model/teladan, sebagai motivator, sebagai evaluator. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina sikap siswa kelas V. Faktor pendukung yaitu adanya kontrol dari kepala sekolah dan peran aktif dari para guru, faktor penghambat yaitu faktor orang tua dan faktor lingkungan. Simpulan dari penelitian ini adalah ketika guru pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti telah melaksanakan perannya dengan baik maka siswa akan mudah menerapkan sikap yang baik pula. Namun sebaliknya jika peran seorang guru tidak dijalankan dengan baik maka sikap siswa juga sulit untuk menjadi baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irma Muliani
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:26
Last Modified: 19 Jan 2024 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34916

Actions (login required)

View Item
View Item