Pemberdayaan Anggota Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pembagian Subsidi Pemerintah (Studi Di Gampong Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie)

Abdul Hafizh, 180404059 (2024) Pemberdayaan Anggota Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pembagian Subsidi Pemerintah (Studi Di Gampong Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pemberdayaan Anggota Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pembagian Subsidi Pemerintah (Studi Di Gampong Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie)] Text (Pemberdayaan Anggota Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pembagian Subsidi Pemerintah (Studi Di Gampong Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie))
Abdul Hafizh, 180404059, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sektor pertanian merupakan faktor yang sangat strategis dan merupakan basis ekonomi masyarakat di Gampong, sehingga sektor pertanian dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat serta mengentaskan kemiskinan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dan bagaimana keterlibatan anggota Kelompok tani dalam mensejahterakan para petani di Gampong Paloh Teungoh Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif, melalui teknik pengumpulan data: Pengamatan/Observasi, Wawancara mendalam, dan Analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga cara yaitu: Reduksi data, Display data, Conclusion.Hasil penelitian menunjukkan manfaat kelompok tani sebagai wadah edukasi dan pengembangan keterampilan merupakan modal dasar dari perkembangan anggota kelompok tani. Ketika pengetahuan dan ketrampilan petani mengalami perkembangan, maka petani memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas usaha tani, yang berdampak pada meningkatnya produktivitas. Partisipasi anggota kelompok tani diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada meningkatnya kapasitas pengetahuan dan keterampilan anggota dalam usaha tani.kelompok tani menjadi media petani untuk mengakses fasilitas dan bantuan dari pemerintah, sehingga petani dapat menjalankan usaha tani dan meningkatkan kapasitas produksi. Tingkat partisipasi anggota kelompok dalam kegiatan pemberdayaan merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam usaha tani, Adanya kemampuan petani dalam mengadopsi teknologi menjadi indikasi dari tingkat partisipasi anggota dalam kegiatan pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Abdul Hafizh
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:55
Last Modified: 19 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item
View Item