Pertahanan Ekonomi Masyarakat Pedagang Pada Situasi Pandemi Covid-19 ( Studi Penelitian Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh )

Pocut Putro Maqhfirah, 170404033 (2024) Pertahanan Ekonomi Masyarakat Pedagang Pada Situasi Pandemi Covid-19 ( Studi Penelitian Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pertahanan Ekonomi Masyarakat Pedagang Pada Situasi Pandemi Covid-19 ( Studi Penelitian Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh )] Text (Pertahanan Ekonomi Masyarakat Pedagang Pada Situasi Pandemi Covid-19 ( Studi Penelitian Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh ))
Pocut Putro Maqhfirah, 170404033, FDK, PMI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pertahanan Ekonomi Masyarakat Pedagang Pada Situasi Pandemi Covid-19 Di Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh “. Adapun pembahasan skripsi ini ditunjukkan untuk menganalisis permasalahan pokok yang pertama bagaimana pertahanan ekonomi masyarakat pedagang pada situasi pandemi Covid-19, kedua bagaimana solusi para pedagang untuk tetap bisa mempertahankan ekonomi ditengah situasi pandemi Covid-19, ketiga bagaimana peran Pemerintah Gampong setempat dalam menangangi ekonomi pedagang ditengah masa pandemi. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertahanan perekonomian saat pandemi Covid-19 pada masyarakat pedagang, untuk mengetahui alternatif lain yang digunakan untuk mempertahankan perekonomian saat pandemi Covid-19 oleh masyarakat pedagang, serta untuk mengetahui peran Pemerintah Gampong setempat dalam upaya pertahanan perekonomian pada masyarakat pedagang. Dalam penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk membahas fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan sampel (purposive sampling) yang informannya ditetapkan dalam kriteria tertentu. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertahanan masyarakat pedagang mulai dari pedagang dengan status sosial tinggi, menengah dan rendah baik pedagang rumahan, pedagang kaki lima, pedagang di pasar tradisional, modern maupun pedagang yang berjualan ditempat lain dengan tetap bertahan pada dagangannya pada masa pandemi Covid-19 ialah latar belakang pendidikan yang rendah dan lowongan kerja yang tidak ada, selanjutnya strategi yang digunakan agar dagang para pedagang tetap berjalan di masa pandemi Covid-19 ialah memanfaatkan internet sebagai digital marketing, dan menggunakan platform E-commerce untuk menjual barang dagangannya. Selanjutnya peran Pemerintah Gampong Lamdingin belum berjalan sesuai dengan harapan para pedagang, sehingga para pedagang harus berdiri sendiri demi mempertahankan perekonomian pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Pocut Putro Maqhfirah
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:55
Last Modified: 19 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34927

Actions (login required)

View Item
View Item