Rancang Bangun Alat Peraga Instalasi Penerangan Otomatis Menggunakan Sensor Photocell dan Sensor Gerak Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan di SMKN 2 Sinabang

Rahmat Saputra, 180211059 (2023) Rancang Bangun Alat Peraga Instalasi Penerangan Otomatis Menggunakan Sensor Photocell dan Sensor Gerak Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan di SMKN 2 Sinabang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Instalasi Penerangan] Text (Instalasi Penerangan)
Rahmat Saputra, 180211059, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pendekatan rancangan alat peraga ini didasarkan pada penyusunan materi pelajaran yang sepenuhnya diperlukan untuk mencapai pemahaman dan keahlian yang diinginkan. Pada mata pelajaran Instalasi Penerangan kejuruan teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 2 Sinabang kurangnya media peraga, hal ini mengakibatkan masalah bagi siswa sangat sulit memahamkan Instalasi penerangan dan merangkainya. Dengan adanya media alat peraga ini diharapkan dapat membantu pemahaman dari siswa tentang memasang Instalasi penerangan dan dapat meningkatkan hasil belajar para siswa sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Alat peraga ini dirancang menjadi sebuah media pembelajaran sebagai alat pembantu guru dalam mengajarkan materi instalasi penerangan otomatis yang menggunakan sensor photocell dan sensor gerak pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik dan untuk mengetahui kelayakan alat peraga dibuat instrumen penelitian berupa lembar validasi media, validasi materi dan validasi angket, untuk menguji kelayakan alat peraga oleh validator. Hasil belajar dari siswa, diketahui dengan memberikan beberapa soal pre-test dan post-test sehingga dapat menjadi acuan seberapa berhasil atau layak alat peraga diterapkan pada siswa dan mata Pelajaran instalasi penerangan. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dari validasi ahli media yaitu 89% dan validasi ahli materi yaitu 100% dari penilaian validator. Hasil belajar melalui pre-test yaitu 28% dan post-test 83%. Hasil yang diperoleh berdasarkan validasi dan hasil belajar, alat peraga instalasi penerangan otomatis menggunakan sensor photocell dan sensor gerak pada mata Pelajaran instalasi penerangan di SMKN 2 Sinabang menunjukkan “Sangat Layak”

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rahmat Saputra Rahmat
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:54
Last Modified: 19 Jan 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item
View Item