Penerapan Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh

Muhammad Kausar, 190201137 (2024) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan  Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh] Text (Penerapan Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh)
Muhammad Kausar, 190201137, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Belajar Al-Qur’an secara talaqqi merupakan hal yang sangat penting, karena talaqqi adalah metode face to face (tatap muka) dengan seorang guru, langsung berhadapan hadapan, mendengar, melihat dan membaca secara langsung dari orang yang ahli. Sebab tidak mungkin benar bacaan seseorang apabila tidak bertemu dan berguru secara langsung (tatap muka) dengan orang yang ahli. Di Nurul Fikri Boarding School Aceh masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, khususnya untuk siswa kelas VII. Karena kebanyakan siswa kelas VII yang merupakan siswa baru lulus dari sekolah dasar, mereka rata rata kurangnya pendidikan dasar dalam membaca Al-Qur’an. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapkan metode talaqqi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi yang diselesaikan dengan rumus mencari persentase aktivitas guru dan siswa, dan melalui tes. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII dalam satu halaqah yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 80,76 dan pada siklus II 90,38. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,92 dan pada siklus II 88,46. Adapun hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes yaitu pada siklus I 50% dan pada siklus II 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talaqqi dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode talaqqi, kemampuan siswa, membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Kausar
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:58
Last Modified: 19 Jan 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34931

Actions (login required)

View Item
View Item