Persoalan Anak Bekerja Di Bawah Umur Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Di Gampong Alue Seutui Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen

T. Aris Munandar, 190404054 (2024) Persoalan Anak Bekerja Di Bawah Umur Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Di Gampong Alue Seutui Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Persoalan Anak Bekerja Di Bawah Umur Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Di Gampong Alue Seutui Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen] Text (Persoalan Anak Bekerja Di Bawah Umur Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Di Gampong Alue Seutui Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen)
T. Aris Munandar, 190404054, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persoalan Anak Bekerja di Bawah Umur dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Gampong Alue Seutui Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi anak bekerja dibawah umur dan apakah dampak yg di timbulkan terhadap anak yang bekerja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa peneliti memperoleh data bahwa faktor yang menyebabkan anak harus bekerja di Gampong Alue Seutui didasari oleh beberapa faktor diantaranya faktor ekonomi, faktor budaya, faktor orang tua, dan kemauan sendiri. Keluarga mempunyai pandangan utama dalam mengatasi semua anak yang bekerja, tetapi keluarga tidak mampu dalam mengatasi anak yang bekerja karena mengingat keterbatasan ekonomi membuat si anak harus turun tangan untuk mencukupi kebutuhan demi kelangsungan hidup. Masyarakat Alue Seutui senantiasa berperan aktif dalam memberikan perlindungan terhadap anak akan tetapi, dengan keadaan ekonomi sangat melemah dalam masyarakat sangat sulit untuk mencegah anak jangan bekerja. Dengan fenomena pekerja anak seperti ini pemerintah harus melakukan perbaikan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat, sehingga diharapkan angka kemiskinan berkurang yang kemudian diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: T. Aris Munandar
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:08
Last Modified: 19 Jan 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34936

Actions (login required)

View Item
View Item